PerspektifTV

Header Ads

Cegah Corona, Warga Kretek Paguyangan Buat 6 Posko Sekaligus

POSKO COVID19 PAGUYANGAN - Salah satu posko yang didirikan warga Desa Kretek, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Foto/Annisa.


BREBESTERKINI.COM, PAGUYANGAN - Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang sudah semakin merebak, warga Desa Kretek, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes mendirikan enam posko sekaligus.

Pantauan BrebesTerkini, disetiap pintu masuk dan perbatasan desa disediakan air dan sabun untuk mencuci tangan serta disinfektan.Kendaraan yang melintas terutama kendaraan luar kota diberhentikan untuk didata dan disemprot disinfektan guna melakukan pencegahan penularan Cocvid-19.

Enam posko tersebut disebar disejumlah titik, yaitu  posko 1 di Dukuh Panisihan arah dari pertigaan Kaligua, posko 2 di Dukuh Karanganyar berbatasan dengan Desa Paguyangan, Posko 3 di Dukuh Pesanggrahan berbatasan dengan Desa Wanatirta, posko 4 di Dukuh Duren jalur kabupaten arah Bumiayu, posko 5 di Dukuh Lor berbatasan dengan Desa Negaradaha, posko 6 di Dukuh Wargamulya berbatasan dengan Desa Taraban.

Kami para petugas mendata setiap kendaraan yang melintas Desa Kretek, kendaraan didata dari mana asalnya, tujuannya kemana, muatan yang dibawa, selain itu juga kami para petugas mengedukasi masyarakat agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah,” ujar Agus Amran koordinator Posko 04 kepada BrebesTerkini.

Dikatakan Agus, setiap posko diberlakukan dua shift yaitu pagi dan malam. Satu koordinator, satu linmas dan satu relawan pada shift pagi, sedangkan petugas shift malam terdiri dari koordinator, linmas dan beberapa masyarakat sekitar.

"Keberadaan posko ini diharapkan mampu mengantisipasi dan mencegah penularan Covid-19 khususnya di Desa Kretek,"ujarnya.

Agus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, menggunakan masker saat bepergian, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, mengurangi kontak langsung dengan orang lain, selalu menjaga kesehatan, mengonsumsi buah dan sayur serta istirahat yang cukup.

Penulis :Chacha Anisa
Editor :Karnoto

2 comments:

  1. Kami sangat gembira dan bersemangat adanya posko relawan covid 19 yang berusaha agar warga kretek tidak sampai terjangkit atau tertular penyakit yang mematikan naum demikian saya secara pribadi sangat amat kecewa dengan beberapa warga yang justru marah ketika kami menyarakan untuk pakai masker dan ada beberapa oknum ketua rt dan linmas justru tidak menggunakan masker dan masih melaksanakan sholat taroweh dimushila dan masjid mohon kepada semua pihak agar segera menyadari bahwa pentingnya maskee, sosial distaching dan berprilaku hidup bersih sesuai dengan anjuran pemerintah lewat MUI, PB NU dan PP Muhammadiyah mohon agar aparat berani bertindak tegas dan terukur demi kebaikan kita semua

    ReplyDelete
  2. Semangat para relawan anti covid 19 sebagai benteng utk Ds. Kretek berusaha utk memutus penyebaran covid 19, juga kepada warga masyarakat utk senantiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat serta peran serta bersama utk selalu mentaati aturan pemerintah

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar yang sopan

Powered by Blogger.