Header Ads

Meski Ada Wabah Corona, Muhammadiah Bumiayu Tetap Aktif Berdakwah


BREBESTERKINI.COM, KOMUNITAS - Ramadan dimasa pandemi Covid19 tidak menghalangi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bumiayu, Kabupaten Brebes untuk terus berdakwah.

Salah satunya melalui siaran radio yang disiarkan setiap Kamis malam atau malam Jumat. Dakwah PCM Bumiayu ingin menjangkau semua lapisan warga,

Kenapa pilih radio? Sebenarnya disiarkan juga lewat aplikasi zoom dan kedepan bisa dilihat lewat streaming channel facebook, instagram dan youtube," kata Ustadz Emmi Fatkhunnajah, Ketua Majelis Tabligh PCM Bumiayu kepada BrebeTerkini.Com.

Selain menggalakkan tagar #dirumahaja, kata dia, PCM Bumiayu juga menggalakkan tagar #maridengarkanradio dan #ramadhantetapberkualitas sebagai wujud ajakan ramadan berkualitas meski tetap di rumah.

Menjaga kualitas Ramadhan meski tetap di rumah dan untuk menambah ilmu keagamaan dapat dengan mendengarkan pengajian PCM Bumiayu. Pengajian ini disiarkan setiap Kamis pukul 20.00 hingga pukul 22.00 WIB di radio Citra Amelia Bumiayu selama bulan Ramadan.

Emmi juga menuturkan beberapa alternatif dakwah di era pandemi ini, diantaranya metode konvensional, yaitu metode yang sudah lazim tetapi terkendala tidak boleh mengumpulkan massa banyak. Alternatifnya bisa dengan memutar rekaman di masjid-masjid yang jamaahnya hanya mendengarkan dari rumah masing-masing.

Cara kedua yaitu semi konvesional, yaitu metode siaran radio baik off air maupun on air radio. Ini ditempuh sebagai upaya dakwah lebih luas ke kantong-kantong warga di pelosok. PCM Bumiayu menyiarkan setiap Kamis pukul 8 s.d. 10 malam di radio Citra Amelia Bumiayu.

Dan ketiga adalah metode modern , dimana metode menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti youtube, whatsaap, zoom, google class room dll. Minimal 100 orang dan untuk 500 dengan zoom cloud meetings.

Penulis :Vicky
Editor :Karnoto

No comments

Silahkan memberikan komentar yang sopan

Powered by Blogger.