Header Ads

Rahasia Mengapa Telor Asin Brebes Rasanya Beda

foto/explorerketanggungan


BREBESTERKINI.COM, KULINER - Telor asing memang mudah ditemui, tapi mengapa orang tertarik dengan telor asin Brebes? Rupadanya ada sejumlah rahasia mengapa rasa telor asing berbeda dengan telor asin daerah lain.

Rahasia itu diantaranya bahan baku telor bebek yang digunakan untuk membuat telor asing bukanlah sembarang telor bebek. Para pelaku usaha telor asin mendapatkan pasokan telor bebek yang diperoleh dari sentra ternaka bebek sehingga  kualitasnya terjamin karena bebek tersebut dirawat dengan baik.

Bebek-bebek di Brebes diberi pakan kerang laut dan bekatul, inilah yang membuat hasil telurnya lebih gurih.

Selain itu, proses pembuatan telor asin di Brebes masih terjaga dengan cara tradisional sehingga membuat rasanya khas. Selain gurih, telor asin Brebes juga tidak bau amis sehingga disukai. Hal ini berbeda dengan telor asin dari daerah lain.

Tak hanya itu, tekstur kuning telurnya padat masir dan berbulir sementara bagian putihnya lembut. Kini, para pelaku usaha telor asin menambah varian baru telor asin, bukan saja rebus tetapi ada yang dipanggang dan dibakar.

Bagi Anda yang tidak punya pengalaman bagaimana mendapatkan telor asin yang baik, berikut ini beberapa tips membeli telor asin.

1. Pilih yang bersih dan berwarna biru cerah
Sebelum membeli telur asin, pilih telur yang berwarna biru cerah dengan permukaan kulit bersih. Warna biru cerah menandakan kalau telur masih dalam keadaan segar dan baru dibuat.

Hindari membeli telur asin dengan warna kusam atau berbintik kehitaman. Bintik ini adalah jamur yang tumbuh karena telur asin terlalu lama disimpan.

2. Memiliki bobot yang berat
Mirip seperti telur segar, telur asin yang bagus memiliki bobot yang berat. Coba rasakan berat telur dengan tangan, kalau telur terasa enteng sebaiknya jangan dibeli.

3. Lihat bagian dalam dan cicipi, tentu jangan banyak - banyak ya. Kasihan dong penjualnya, he he he.

Itulah rahasia mengapa telor asin Brebes banyak digemari orang, bagaimana Anda yang belum pernah mencicipi penasaran? Silahkan datang ke Kabupaten Brebes dan disana akan Anda temui sejumlah toko yang menjual telor asin, seperti di dekat Alun - Alun Brebes, Kecamatan Ketanggungan dan daerah lainnya. (KNT)
Powered by Blogger.