PerspektifTV

Header Ads

Mengenal Desa Kretek Bumiayu; Kaya Jajanan Lokal dan Keindahan Alam


BREBESTERKINI.COM | NASIONAL | Kretek, desa yang berada di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes ini terletak berbatasan langsung dengan Kecamatan Bumiayu. Desa yang menjadi salah satu lumbung padi di Kabupaten Brebes ini juga khas dengan sapu prumpungnya yang dikenal bagus.

Desa Kretek yang memiliki pemandangan nan indah, dimana bagian bawah kita bisa melihat Kota Bumiayu dan bagian atas deretan Bukit Kaligua. Selain itu, desa ini juga memiliki beberapa industri rumahan yang digawangi ibu-ibu seperti jajanan lokal yang dikenal enak, berkualitas tanpa pengawet seperti telur asin, kembang goyang, jentik asin, jentik manis, indil, gendar dan masih banyak lagi.

Jajanan Kretek biasanya selalu hadir menjadi cemilan masyarakat yang hajatan. Pangsa pasarnya juga tidak hanya di Kabupaten Brebes, tetapi sudah merambah ke daerah-daerah di sekitarnya.  Atlet sepak takraw dan voli pun banyak yang terlahir di desa dengan 4 RW dan 41 RT ini. Salah satu RT yang aktif di Kretek yaitu RT 06 dan RT 07 di RW 03 Dukuh Duren.

Selain dikenal memiliki mushola yang ramai pada 5 waktu sholat wajib, setiap momen HUT RI di RT ini juga ramai dengan berbagai kegiatan. “Setiap tahun, HUT Kemerdekaan Republik Indonesia selalu diperingati di RT kami. Panitia dan pesertanya gabungan dari RT 06 dan RT 07.

Alhamdulillah pemuda-pemudi disini guyub, selalu bergotong royong dalam hal kebaikan termasuk peringatan HUT 75 Kemerdekaan RI kali ini”, ujar Viqi Nursekha salah satu pemuda yang ikut menjadi panitia.

Lomba yang dilaksanakan (17/8/2020) dari pagi sampai malam ini beragam, bukan hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk dewasa. Ada lomba makan oreo, menangkap belut, makan krupuk, pentung plastik, masuk tangga, karambol, panco, estafet air dan lomba lainnya. Pesertapun merasa senang dengan adanya kegiatan lomba-lomba ini, seperti dituturkan Alwan yang menjuarai lomba menangkap belut, “Aku ikut lomba menangkap belut, juara satu, aku seneng banget”, ujarnya dengan senyum lebar.

Tampak beberapa warga setempat di area lomba menjajakan dagangannya. Sehingga acara peringatan HUT RI ini juga membantu warga setempat yang berjualan, omset mereka naik. Banyak dampak positif dari kegiatan ini, termasuk bagi pemuda-pemudinya.

“Kegiatan ini positif sekali, kami dengan beragam aktivitas jarang bertemu dihari-hari biasa. Alhamdulillah dengan adanya peringatan HUT RI setiap tahun di tempat kami, pemuda-pemudi disini berkesempatan saling silaturahim, bisa semakin akrab dan saling kerjasama”, jelas Viqi.

Viqi juga berharap momen HUT 75 RI ini bukan sekedar seremonial saja. “Momen peringatan HUT 75 RI kami berharap bukan sekedar menjadi seremoni semata, tetapi menjadikan kita pemuda-pemudi disini khususnya dan warga Negara Indonesia pada umumnya, mengisi kemerdekaan yang sudah Allah berikan dengan hal-hal kebaikan sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. Karena jika bukan kita yang mengisi siapa lagi, kita semua memiliki peran yang sama sebagai anak bangsa”, pungkas Viqi.

Indonesia Maju menjadi tema HUT 75 Kemerdekaan RI, apa yang dilakukan pemuda-pemudi di Kretek dan seluruh Indonesia sudah tepat dengan mengadakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini. Mengutip ungkapan Panglima Besar Jenderal Soedirman, “Untuk maju kita butuh kekuatan, untuk kuat kita butuh persatuan, untuk bersatu kita harus menjaga silaturahim”.

Penulis : Vicky
Editor : Karnoto

No comments

Silahkan memberikan komentar yang sopan

Powered by Blogger.